Analisa Perbandingan
Pelayanan Rumah Sakit Indonesia dengan Pelayanan Rumah Sakit Malaysia
Implikasi
manajerial untuk rumahsakit di Malaysia
1. Rumah
sakit di Malaysia hendaknya memperhatikan aspek pelayanan rumah sakit
terutama pada
aspek lokasi rumah sakit. Hal ini dikarenakan pertimbangan lokasi dimana rumah sakit
berstandar internasional sudah banyak berdiri di
indonesia .
2. Rumah
sakit di Malaysia yang sudah memiliki kelebihan pada kualitas tenaga medis
terutama pada aspek kemampuan tenaga medis dalam menangani pasiennya perlu
dipertahankan. Ini dikarenakan bahwa factor kualitas tenaga medis yaitu aspek kemampuan
dalam penanganan pasien berpengaruh pada intense seorang pasien untuk
berobat.Hal ini juga bertujuan untuk ,mencari pasien baru dan menjaga loyalitas
dan kepercayaan pada kualitas tenaga medis di Malaysia.
3. Rumah
sakit Malaysia diharapkan akan
memberikan perhatian pada aspek kualitas layanan terutama
pada aspek tangible (keadaaan fisik dari rumah sakit).
Hal ini bertujuan agar rumah sakit di Malaysia dapat menarik
intensi pasien Indonesia di tengah persaingan dengan rumah
sakit di Indonesia.
Implikasi
manajerial untuk rumahsakit di Indonesia
1. Rumah sakit di Indonesia hendaknya
memperhatikan dan memperbaiki pelayanan rumah sakit dalam
kesempatan ini Indonesia mempunyai peluang
dalam
hal lokasi rumah sakit. Ini merupakan kekuatan yang dapat di ambil dari
kelemahan pelayanan rumah sakit di Malaysia.
2. Rumah
sakit di Indonesia perlu memperbaiki, mengembangkan, dan menyedia
tenaga medis yangberkualitas baik secara medis maupun
pelayanan yang diberikannya terutama dalam bidang
penanganan pasiennya. Hal ini dikarenakan bahwa factor kualitas tenaga
medis berpengaruh
pada intensi seorang pasien untuk berobat. Apabila di Indonesia sudah
dapatmemberikan tenaga medis yang berkualitas,
maka rumah sakit Indonesia dapat menjaring pasien yang selama ini
berobat keluar negeri untuk berobat di dalam negeri.
3. Rumah
sakit Malaysia juga harus memberikan perhatian dan terus
mengembangkan kualitas layanan rumah sakitnya dalam hal tangible.
Ini merupakan salah satu kesempatan rumah sakit di Indonesia untuk
menjaring kembali pasiennya dan merupakan
kelemahan dari kualitas pelayanan yang diberikan rumah
sakit di Malaysia
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar