Rabu, 30 November 2011


Analisa Perbandingan Pelayanan Rumah Sakit Indonesia dengan Pelayanan Rumah Sakit Malaysia

Implikasi manajerial untuk rumahsakit di Malaysia

1.       Rumah sakit di Malaysia hendaknya memperhatikan aspek pelayanan rumah sakit terutama pada aspek lokasi rumah sakit. Hal ini dikarenakan pertimbangan lokasi dimana rumah sakit berstandar internasional sudah banyak berdiri di indonesia .

2.       Rumah sakit di Malaysia yang sudah memiliki kelebihan pada kualitas tenaga medis terutama pada aspek kemampuan tenaga medis dalam menangani pasiennya perlu dipertahankan. Ini dikarenakan bahwa factor kualitas tenaga medis yaitu aspek kemampuan dalam penanganan pasien berpengaruh pada intense seorang pasien untuk berobat.Hal ini juga bertujuan untuk ,mencari pasien baru dan menjaga loyalitas dan kepercayaan pada kualitas tenaga medis di Malaysia.

3.       Rumah sakit Malaysia diharapkan akan memberikan perhatian pada aspek kualitas layanan terutama pada aspek tangible (keadaaan fisik dari rumah sakit). Hal ini bertujuan agar rumah sakit di Malaysia dapat menarik intensi pasien Indonesia di tengah persaingan dengan rumah sakit di Indonesia.


Implikasi manajerial untuk rumahsakit di Indonesia

1. Rumah sakit di Indonesia hendaknya memperhatikan dan memperbaiki pelayanan rumah sakit dalam kesempatan ini Indonesia mempunyai peluang
dalam hal lokasi rumah sakit. Ini merupakan kekuatan yang dapat di ambil dari kelemahan pelayanan rumah sakit di Malaysia.

2.       Rumah sakit di Indonesia perlu memperbaiki, mengembangkan, dan menyedia tenaga medis yangberkualitas baik secara medis maupun pelayanan yang diberikannya terutama dalam bidang penanganan pasiennya. Hal ini dikarenakan bahwa factor kualitas tenaga medis berpengaruh pada intensi seorang pasien untuk berobat. Apabila di Indonesia sudah dapatmemberikan tenaga medis yang berkualitas, maka rumah sakit Indonesia dapat menjaring pasien yang selama ini berobat keluar negeri untuk berobat di dalam negeri.

3.       Rumah sakit Malaysia juga harus memberikan perhatian dan terus mengembangkan kualitas layanan rumah sakitnya dalam hal tangible. Ini merupakan salah satu kesempatan rumah sakit di Indonesia untuk menjaring kembali pasiennya dan merupakan kelemahan dari kualitas pelayanan yang diberikan rumah sakit di Malaysia .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar